cara kerja mesin 2 tak
Motor
adalah mesin yang berfungsi untuk mengubah energi pada bahan bakar menjadi
tenaga dengan cara dibakar di dalam ruang bakar, sehingga motor juga dikenal
dengan mesin pembakaran dalam. Karena proses pembakaran campuran bahan bakar
dengan udara terjadi di ruang bakar di dalam silinder mesin.
Syarat
terjadinya pembakaran pada motor bensin adalah sebagai berikut:
- Adanya campuran bahan bakar dan udara
- Adanya percikan bunga api
- Tekanan kompresi
- Timing atau waktu yang tepat
Untuk
proses pembakaran pada mesin motor sehingga menghasilkan energi secara ringkas
adalah sebagai berikut: campuran bahan bakar dan udara dengan perbandingan yang
sesuai dengan kondisi mesin disuplai ke ruang bakar melewati katup masuk karena
kevakuman ruang bakar, kemudian campuran bahan bakar dan udara di kompresi oleh
piston, dalam waktu tertentu busi memercikkan bunga api sehingga terjadilah
pembakaran campuran bahan bakar dan udara yang menyebabkan energi. Cara kerja sederhana
ini dapat kita bagi menjadi 4 (empat) bagian, yaitu:
- Langkah hisap
- Langkah kompresi
- Langkah usaha (power), dan
- Langkah buang
Agar
menghasilkan energi terus menerus maka mesin membutuhkan siklus, siklus dua tak
(siklus 2 langkah) dan siklus empat tak (siklus 4 langkah). Pada artikel ini Guru Otomotif akan membahas bagaimana cara kerja motor 2 (dua) tak.
Pengertian
Motor 2 tak
Motor
dua langkah atau 2 tak adalah motor proses kerjanya untuk menghasilkan energi
membutuhkan 1 (satu) kali putaran poros engkol atau 2 (dua) kali gerakan piston.
Untuk lebih jelas mengenai cara kerja motor 2 tak ini silahkan pahami baik-baik
dan perhatikan gambar ilustrasinya.
Langkah
Hisap dan Langkah Kompresi
Pada
langkah hisap, piston bergerak dari titik mati bawah ke titik mati atas. Proses
kerja di atas piston adalah, katup masuk dan katup buang tertutup oleh piston,
kemudian akibat piston yang bergerak ke atas, maka campuran udara dan bahan
bakar dikompresikan di ruang bakar. Tekanan dan suhu campuran bahan dan bakar
udara tersebut meningkat. Kemudian beberapa derajat sebelum piston mencapai titik
mati atas, busi memercikkan bunga api dan membakar campuran gas tersebut. Langkah
ini lah yang disebut sebagai langkah kompresi. Lihat gambar di bawah ini.
Sementara
itu, proses kerja di bawah piston adalah ketika piston bergerak ke atas, volume
pada ruang engkol akan menjadi besar karena piston bergerak ke atas sehingga
ruang engkol menjadi vakum, katup masuk membuka karena piston semakin bergerak
ke atas, maka campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang engkol tersebut. Langkah
ini disebut dengan langkah hisap. Lihat gambar di atas.
Langkah
Usaha dan Langkah Buang
Pada
langkah usaha dan buang, piston bergerak dari titik mati atas menuju ke titik
mati bawah. Proses kerja di atas piston adalah, ketika piston tadi mengkompresi
campuran bahan bakar dan udara lalu busi memercikkan bunga api, maka terjadilah
pembakaran yang menghasilkan ledakan energi. Ledakan energi tersebut mendorong
piston bergerak ke titik mati bawah. Langkah ini disebut sebagai langkah usaha.
Lihat gambar di bawah ini.
Sementara
itu proses kerja di bawah piston, katup buang terbuka, dan saluran bilas juga
terbuka, saluran bilas ini adalah saluran untuk menyalurkan campuran bahan
bakar dan udara dari bak engkol ke ruang silinder. Dan ketika piston berada
pada posisi dimana saluran bilas dan katup buang membuka maka proses pembuangan
hasil pembakaran dimulai. Gas baru yang berada di ruang engkol terdesak oleh
piston kemudia mengalir melalui saluran bilas menuju ruang silinder sambil
membantu mendorong gas hasil pemabakaran ke luar melalui katup buang. Proses ini
disebut langkah buang. Silahkan lihat gambar di atas.
Demikianlah cara kerja motor 2 tak. Untuk penjelasan tentang cara kerja motor 4 tak serta kelebihan dan kekurangan motor 2 tak dan 4 tak ini akan kami bahas pada artikel selanjutnya insyaAllah. Silahkan dishare semoga bermanfaat.
sumber: http://www.guruotomotif.com/2016/02/cara-kerja-motor-2-dua-tak.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar